Setting Android Agar Tetap Dapat Sinyal HSPA, 3G, HSDPA, WCDMA

Kalau di artikel sebelumnya saya pernah memposting artikel mengenai bagaimana Cara Setting Agar Modem Tetap Dapat Sinyal 3G HSDPA, untuk artikel kali ini kembali saya akan coba mengulas hal yang serupa, namun kali ini setting agar perangkat selalu menangkap sinyal HSPA, 3G, HSDPA atau WCDMA akan  dilakukan khusus untuk pengguna perangkat baik itu jenis Tablet, atau Smartphone Android.
Seperti halnya cara kerja modem, alat penangkap sinyal jaringan internet pada perangkat seperti Tablet, maupun Handphone juga secara otomatis terkadang memilah milih jenis mode jaringan sesuai sinyal yang paling kuat.
Sebagai contoh, misalnya saat anda sedang asik browsing atau mendownload, yang tadinya perangkat berjalan dengan mode koneksi data HSDPA, tiba-tiba berubah menjadi tidak stabil menjadi EDGE. Yah hal seperti ini sebenarnya normal bagi perangkat yang mode setting-nya di atur secara otomatis, karena perangkat hanya menjalankan perintah untuk memperoleh sinyal yang paling kuat saja, jadi meskipun anda sebenarnya berada di area jaringan HSPA, 3G, HSDPA atau WCDMA, namun sinyal-nya hanya satu atau dua bar sedang sinyal EDGE yang diperoleh FULL maka tentunya sinyal EDGE lah yang akan di pilih oleh perangkat tersebut.
Nah untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan setting manual agar sedikit memaksa pada perangkat Samsung untuk tetap mengkap sinyal dengan mode yang diinginkan.
Setting Mode Jaringan HSPA, 3G, HSDPA atau WCDMA Only pada Android
  1. Masuk ke menu Settings,
  2. Pilih “Wireless & Networks”,
  3. Pilih menu “Mobile Networks”,
  4. Terakhir buka lagi menu “Network Mode” lalu pilih “WCDMA only”
    Setting Android WCDMA Only
Perlu diketahui bahwa semisal setting ini dilakukan maka perangkat Samsung Android anda akan selalu hanya mencari sinyal HSPA, 3G, HSDPA atau WCDMA saja untuk Internetan, jadi sewaktu-waktu sinyal tersebut tidak ada dan yang ada hanya sinyal EDGE saja, maka koneksi data internet tetap tidak dapat dilakukan kecuali mengubah kembali menjadi Automatic.