JAKARTA – Seiring dengan perluasan jaringan last mile di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali. PT Indosat Mega Media (IM2) membidik kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Direktur Utama PT Indosat Mega Media Ridwan Karsa mengatakan, “Bagi penyedia jasa layanan telekomunikasi seperti IM2, ada potensi pasar yang besar di sektor UMKM.” Demikian rilis yang diterima Okezone Senin (21/5/2012).
Sektor UMKM merupakan pangsa pasar potensial, mengingat pertumbuhan UMKM yang cukup pesat di Indonesia. Mereka makin membutuhkan jaringan telekomunikasi khususnya akses internet untuk keperluan bisnisnya. Basis UMKM mayoritas berada di daerah.
Hingga 2011, menurut catatan Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 54 juta lebih, dan diharapkan pada 2012 meningkat di atas 6 persen. Dari jumlah tersebut, penetrasi UMKM pengguna internet masih sangat sedikit.Menurut catatan Google, bisnis UMKM di Indonesia yang menggunakan internet, bisa tumbuh 10 persen per tahun. Saat ini, baru ada sekira 75 ribu UMKM di Indonesia yang menggunakan internet atau online.
“Pertumbuhan UMKM yang cukup bagus, bisa menjadi potensi bisnis besar bagi kami,” kata Ridwan.
Dengan terus menerus melakukan perbaikan layanan pelanggan, Ridwan optimistis IM2 akan mampu memenuhi kebutuhan UMKM terhadap akses internet.
IM2 sejak November 2011 telah meluncurkan layanan internet pita lebar yang menyasar pengusaha kecil menengah dengan nama Small Office Home Office (SOHO) atau UKM Broadband.
Direktur Utama PT Indosat Mega Media Ridwan Karsa mengatakan, “Bagi penyedia jasa layanan telekomunikasi seperti IM2, ada potensi pasar yang besar di sektor UMKM.” Demikian rilis yang diterima Okezone Senin (21/5/2012).
Sektor UMKM merupakan pangsa pasar potensial, mengingat pertumbuhan UMKM yang cukup pesat di Indonesia. Mereka makin membutuhkan jaringan telekomunikasi khususnya akses internet untuk keperluan bisnisnya. Basis UMKM mayoritas berada di daerah.
Hingga 2011, menurut catatan Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM di Indonesia telah mencapai 54 juta lebih, dan diharapkan pada 2012 meningkat di atas 6 persen. Dari jumlah tersebut, penetrasi UMKM pengguna internet masih sangat sedikit.Menurut catatan Google, bisnis UMKM di Indonesia yang menggunakan internet, bisa tumbuh 10 persen per tahun. Saat ini, baru ada sekira 75 ribu UMKM di Indonesia yang menggunakan internet atau online.
“Pertumbuhan UMKM yang cukup bagus, bisa menjadi potensi bisnis besar bagi kami,” kata Ridwan.
Dengan terus menerus melakukan perbaikan layanan pelanggan, Ridwan optimistis IM2 akan mampu memenuhi kebutuhan UMKM terhadap akses internet.
IM2 sejak November 2011 telah meluncurkan layanan internet pita lebar yang menyasar pengusaha kecil menengah dengan nama Small Office Home Office (SOHO) atau UKM Broadband.